Langkah Cuci Kolong Mobil Supaya Terhindar dari Karat, Yuk Perhatikan!l

   
Langkah Cuci Kolong Mobil Supaya Terhindar dari Karat, Yuk Perhatikan!l

Langkah Cuci Kolong Mobil Supaya Terhindar dari Karat, Yuk Perhatikan!l

Komponen mobil termasuk bagian kolong dapat terkena karat. Lakukan langkah cuci kolong mobil yang tepat untuk menghindari hal tersebut.

 



Salah satu hal yang harus diperhatikan saat merawat kendaraan adalah membersihkannya dengan benar. Banyak bagian-bagian yang harus dibersihkan supaya tidak menimbulkan kerusakan seperti karat, contohnya bagian kolong mobil. Ada langkah cuci kolong mobil tersendiri yang sebaiknya Anda pahami.


Sebenarnya mencuci kolong mobil juga sangat mudah, tapi karena kurangnya pengetahuan akan hal tersebut biasanya kebanyakan orang lebih memilih untuk membawa ke jasa ahli. Namun, dengan memahami cara cuci mobil yang baik dan benar, maka Anda bisa lebih menghemat pengeluaran.

Bagaimana Cara Cuci Mobil yang Benar?

Lalu kira-kira apa saja langkah yang benar agar bisa mencuci mobil dengan bersih layaknya di jasa yang sudah ahli? Berikut penjelasannya!

  1. Siapkan Peralatan dan Bahan Mencuci

Pastinya sebelum memulai proses cuci sangat penting untuk mempersiapkan berbagai alat dan juga bahan yang dibutuhkan supaya lebih mudah. Anda bisa mempersiapkan selang air, semprotan yang memiliki tekanan, sikat bergagang panjang, hingga sabun khusus untuk mencuci mobil.


Alat dan bahan harus disiapkan lebih dulu supaya di tengah proses membersihkan kolong mobil Anda tidak perlu repot mencari ke sana kemari. Sabun khusus mobil sangat dibutuhkan dalam langkah cuci kolong mobil yang benar karena jika memakai detergen atau sabun biasa dapat merusak warna cat mobil Anda.

  1. Bersihkan dengan Air Terlebih Dahulu

Langkah selanjutnya setelah menyiapkan sejumlah alat dan bahan maka yang harus Anda lakukan tentu saja mulai membersihkan kolong mobil dari partikel debu serta kotoran yang mungkin menempel. Caranya ialah dengan menyemprotkan air bertekanan ke seluruh bagian kolong kendaraan tersebut.


Namun, pastikan bahwa tekanan air yang dihasilkan tidak terlalu besar. Sebab, jika begitu biasanya dikhawatirkan dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa bagian yang mungkin terjadi selama proses pembersihan.

  1. Gunakan Sabun Cuci Mobil

Dalam langkah cuci kolong mobil, Anda tentu sudah menyiapkan sabun cuci mobil dan kini saatnya menggunakan bahan tersebut. Pastikan ketika memakainya Anda sudah membaca instruksi dengan benar sesuai yang ada di kemasan.


Jika sudah mencampur sabun dengan air, Anda bisa mengaplikasikan ke sikat panjang dan mulai gunakan untuk membersihkan kolong kendaraan dengan benar. Setidaknya saat melakukan langkah ini Anda harus pastikan tidak ada lagi kotoran yang menempel.

  1. Bilas dan Keringkan

Setelah berhasil mengaplikasikan sabun dengan benar, Anda kemudian tinggal membilasnya pakai air bersih sampai tidak ada lagi sabun yang menempel. Sisa sabun harus benar-benar hilang supaya tidak menimbulkan karat.


Dalam proses pengeringan, memang kadang penggunaan lap kering sangat dibutuhkan dan Anda bisa memakainya untuk membersihkan kolong mobil. Tapi jika tak memungkinkan maka bisa membiarkan kendaraan di luar rumah selama beberapa waktu sampai kering sendiri.

  1. Semprotan Anti Karat

Anda mungkin juga bisa mempertimbangkan penggunaan semprotan anti karat pada saat selesai melakukan langkah cuci kolong mobil seperti yang disebutkan di atas. Penggunaan semprotan anti karat ini sebagai pelindung untuk mencegah komponen-komponen yang ada di bagian kolong.


Untuk mendapatkan semprotan semacam ini juga sangat gampang. Sebab Anda telah bisa menemukannya di toko online dengan harga dan juga merk yang bervariasi. Pahami betul tentang bagaimana memilih semprotan pelindung anti karat untuk kolong mobil Anda supaya tak salah pilih.


Itu dia sebagian poin mengenai langkah cuci kolong mobil yang baik dan benar. Mulai sekarang Anda sudah bisa melakukan cuci kolong mobil tanpa bantuan ahli asalkan berhati-hati dan memperhatikan setiap caranya dengan benar.



Diperbarui
Tambahkan Komentar