Jangan Panik, Kenali Pemicu dan Cara Mengatasi Mesin Mobil Overheat!

   
Jangan Panik, Kenali Pemicu dan Cara Mengatasi Mesin Mobil Overheat!

Jangan Panik, Kenali Pemicu dan Cara Mengatasi Mesin Mobil Overheat!

Mesin mobil terlalu panas dapat memicu bahaya. Anda harus memahami apa saja cara mengatasi mesin mobil overheat agar tidak panik.

 



Overheat atau mesin mobil yang panas secara berlebihan memang sangat berbahaya, terutama saat Anda berada di perjalanan. Setidaknya Anda harus membekali diri dengan pengetahuan mengenai cara mengatasi mesin mobil overheat supaya tidak panik.

Mesin mobil mengalami panas secara berlebihan dipicu karena berbagai macam faktor. Di antaranya mungkin karena aliran air radiator yang kurang lancar, adanya kebocoran atau alat pendingin mesin yang memang sudah tak berfungsi dan harus diperbaiki atau diganti.

Bagaimana Mengatasi Mesin Mobil yang Overheat?

Mesin mobil yang terlalu panas bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui apa saja cara mengatasi mesin mobil overheat supaya tidak panik saat mengalaminya.

  1. Segera Menepi dan Matikan Mesin Mobil

Bila merasa ada yang tidak beres maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menepikan mobil. Tentu saja hal ini dilakukan supaya tidak mengganggu pengendara lain juga. Selanjutnya Anda harus memastikan mesinnya supaya tidak semakin panas dan rusak parah.


  1. Jangan Lupa Matikan AC

Perlu Anda ketahui bahwa AC juga sangat berperan dalam membuat mesin mobil kepanasan. AC dapat memberikan beban yang sangat besar kepada mesin sehingga hal yang harus Anda lakukan sebelum mematikan mesinnya adalah memastikan bahwa AC sudah mati terlebih dahulu.


  1. Kap Mobil Harus Dibuka

Mesin yang overheat butuh udara segar supaya dapat meredakan panasnya, oleh karena itu Anda harus segera membuka kap mobil. Membuka bagian ini membantu mengurangi sedikit panas yang terperangkap di dalam kendaraan Anda. Tapi ketika hendak membukanya Anda harus lebih berhati-hati karena beberapa komponen mobil yang panas bisa membuat Anda terluka.


  1. Biarkan Mesin Dingin Lebih Dulu

Mesin kendaraan yang semakin panas memang sangat berbahaya. Oleh karenanya Anda harus membiarkan kendaraan dalam mode dingin terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan. Setidaknya tunggu sekitar 30 menit hingga beberapa jam jika Anda ingin melanjutkan perjalanan kembali.


  1. Cek Bagian Radiator

Mobil yang sudah dalam keadaan dingin kemudian bisa Anda cek mulai dari radiatornya. Air radiator ini sangat penting supaya mesin bisa cepat dingin, jadi jangan sampai level airnya justru berkurang atau bahkan habis. Jika sudah berkurang maka Anda bisa menambahkan level air radiator tersebut.


  1. Cek Sistem Pendingin Kendaraan

Anda juga harus mengecek sistem pendingin pada kendaraan yang mengalami overheat. Sistem pendingin ini memang berperan sangat penting jadi Anda bisa memeriksanya jika betul-betul paham. Namun, bila ingin menghindari kerusakan yang lebih parah Anda bisa meminta bantuan bengkel untuk melakukan pengecekan secara keseluruhan.


Mesin kendaraan yang mengalami overheat atau terlalu panas sangat tidak nyaman untuk berkendara. Sudah pasti jika ingin memakainya dalam perjalanan jauh Anda harus mengecek seluruh komponennya terlebih dahulu. Selain itu, dalam perjalanan juga harus sering berhenti sejenak untuk mendinginkan mesin tersebut.


Memaksakan diri menggunakan kendaraan dengan mesin yang panasnya berlebihan hanya akan membawa risiko besar. Sebab tak jarang hal itu dapat memicu terjadinya kebakaran yang membuat Anda semakin rugi banyak. Jadi hendaknya Anda harus melakukan pemeriksaan rutin untuk mengecek berbagai komponen kendaraan apakah mengalami kebocoran dan kerusakan atau tidak.


Itulah beberapa cara mengatasi mesin mobil overheat yang harus Anda perhatikan. Memiliki mobil memang membuat Anda harus paham dengan seluk beluk kendaraan agar bisa sigap melakukan pencegahan saat terjadi hal tak terduga seperti ini.


Diperbarui
Tambahkan Komentar