Kapan Oli Motor Harus Ganti? Simak Tanda-tanda dan Dampaknya yang Harus Anda Tahu!

   
Kapan Oli Motor Harus Ganti? Simak Tanda-tanda dan Dampaknya yang Harus Anda Tahu!

Kapan Oli Motor Harus Ganti? Simak Tanda-tanda dan Dampaknya yang Harus Anda Tahu!

Bingung kapan oli motor harus diganti? Pahami tanda-tandan dan dampak buruknya agar hal ini tidak diabaikan lagi.



Oli motor memang salah satu komponen paling penting dalam kendaraan, sehingga Anda harus memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk menggantinya. Nah, tapi tidak sedikit yang bingung tentang kapan oli motor harus ganti karena kurangnya pengetahuan akan hal tersebut.


Sebenarnya ketika mengalami ciri-ciri tertentu yang membuat kendaraan jadi kurang nyaman maka oli motor harus segera diganti. Terlambat melakukan proses penggantian ini akan berdampak pada banyak hal, termasuk kinerja kendaraan itu sendiri.


Tanda Oli Motor Harus Segera Ganti

Membahas tentang kapan oli kendaraan bermotor harus diganti, ada beberapa tanda atau ciri-cirinya yang harus Anda tahu lebih dulu. Apa saja ya kira-kira?


  1. Peningkatan Panas Pada Mesin

Kelamaan ganti oli motor membuat daya hantar yang dilakukan mesin jadi berkurang yang mengakibatkan penyebaran panas terhadap kendaraan kurang merata. Alhasil akan terjadi peningkatan panas ketika kendaraan dipakai.


Meskipun sebenarnya mesin yang terlalu panas tidak hanya disebabkan karena oli saja, tapi Anda harus mengecek bagian ini terlebih dahulu. Mesin yang terlalu panas bukan cuma membuat kinerja motor jadi tidak nyaman, tapi juga sangat berbahaya untuk Anda.


  1. Perubahan Warna Oli

Oli yang tidak diganti selama beberapa waktu akan mengalami perubahan warna menjadi hitam pekat. Hal ini memang wajar tapi tentu saja jika tidak diganti akan mempengaruhi kinerja dari mesin kendaraan.


Sebaiknya rutin lakukan pengecekan setiap berapa bulan sekali untuk mengetahui kondisi oli pada kendaraan. Dengan melakukan penggantian secara rutin, maka kinerja mesin juga semakin bagus.


  1. Suara Pada Mesin Jadi Lebih Kasar

Jika diamati dengan benar, salah satu tanda oli motor harus diganti bisa dilihat dari suara mesinnya yang cenderung lebih kasar. Alasan suara mesin yang kasar ini dikarenakan kualitas oli sudah mengalami penurunan alhasil daya lumasnya jadi berkurang.


Jadi, jika Anda merasa suara mesin kendaraan lebih kasar khususnya ketika mengoper gigi atau mengegas kendaraan, maka itu artinya oli Anda perlu diganti dengan segera.


  1. Volume Oli Berkurang dari Sebelumnya

Anda harus tahu bahwa volume oli juga dapat berkurang. Volume oli yang terdapat pada mesin 150cc umumnya sekitar 1 liter. Anda harus memperhatikan volume ini dulu sebelum melakukan perbaikan.


Volume oli yang berkurang salah satunya bisa karena pemakaian kendaraan yang terlalu intens. Bila Anda mendapati hal tersebut, maka segera lakukan penggantian supaya tidak mengganggu kinerjanya.


Dampak Buruk Tidak Mengganti Oli Secara Rutin

Akibat tidak mengganti oli kendaraan sangat berpengaruh pada banyak hal, salah satunya mesin jadi cepat panas. Apabila mesin panas atau overheating, ini juga dapat merusak berbagai komponen lain dalam motor Anda.


Selain itu, hal ini juga akan berdampak terhadap pemborosan bahan bakar yang pastinya membutuhkan biaya lagi. Pemborosan bahan bakar bisa terjadi karena kinerja motor jadi lebih berat dari sebelumnya.


Biasanya semakin berat kinerjanya, maka semakin besar pula bahan bakar yang dibutuhkan oleh kendaraan. Jadi sebelum hal ini terjadi, sebaiknya Anda melakukan langkah pencegahan dengan mengecek oli kendaraan secara berkala.


Bila Anda kesulitan untuk mengecek komponen kendaraan secara pribadi di rumah, maka bisa pergi ke jasa servis yang sudah jadi langganan. Walaupun harus mengeluarkan biaya untuk hal tersebut, setidaknya Anda tahu bahwa kendaraan dalam kondisi baik dan menghindari kerusakan parah di kemudian hari.


Setelah mengetahui kapan oli motor harus ganti, Anda mesti lebih perhatian dengan masalah kendaraan satu ini.


Diperbarui
Tambahkan Komentar