Ketahui Berbagai Jenis Ban Mobil yang Paling Sering Dipakai

   
Ketahui Berbagai Jenis Ban Mobil yang Paling Sering Dipakai

Ketahui Berbagai Jenis Ban Mobil yang Paling Sering Dipakai

Ragam jenis ban mobil punya kegunaan dan kelebihan masing-masing. Ketahui jenisnya agar tidak salah pilih untuk kendaraan Anda.

 



Komponen penting pada kendaraan seperti mobil yang harus sering diperhatikan adalah bagian ban. Pasalnya ban ini merupakan bagian luar kendaraan yang sering bergesekan dengan aspal dan jika tidak diperhatikan dengan baik maka akan menimbulkan masalah bagi pengemudi. Ada banyak jenis ban mobil yang seringkali dipakai pada kendaraan. 


Selain jenisnya, harga untuk ban juga berbeda-beda. Tak jarang sekali kita mendapati harga ban yang sangat mahal karena memang setiap ban mempunyai fungsi dan kelebihan masing-masing. Sebelum bepergian, Anda harus sering mengecek komponen ini karena khawatirnya terjadi kendala seperti kebocoran dan lain-lain saat di jalan. 


Jenis Ban Mobil Sering Dipakai

Bicara tentang jenisnya, ada banyak sekali yang sebenarnya harus Anda ketahui. Namun, mengetahui beberapa jenis ban yang paling sering dipakai adalah hal terpenting. Berikut berbagai jenis ban kendaraan yang wajib Anda ketahui! 


  1. Jenis Ban Tubeless

Sangat familiar di telinga Anda, bukan? Ban Tubeless memang seringkali disebut karena kerap dipakai pada berbagai tipe kendaraan. Bahkan bukan cuma mobil, tapi motor pun ada yang menggunakan ban jenis ini. 


Ban jenis ini memang khusus dirancang untuk menahan udara tanpa adanya ban bagian dalam. Lapisannya sangat tebal supaya udara di dalam ban tidak bisa bocor. Apalagi saat komponen tersebut terkena tusukan paku dan benda tajam sejenisnya yang sering dialami para pengendara. 


  1. Jenis Ban Radial

Semua jenis ban mobil memiliki kelebihan dan pastinya ditujukan untuk kendaraan tertentu. Misalnya ban radial yang khusus dipakai untuk kendaraan sejenis truk atau mobil penumpang. Jadi, jika Anda menggunakan ban ini untuk kendaraan berat seperti tronton justru tidak akan sesuai apalagi dari segi ketahanannya. 


Untuk mengenali ban radial sebenarnya cukup mudah, karena komponen ini memiliki ciri khas tertentu. Hal itu dapat terlihat dari lapisan serat menyilang yang ada di bagian lingkar ban. 


  1. Jenis Ban Bias

Selain tubeless, jenis ban mobil lainnya juga ada yang bernama ban bias. Anda tak perlu bingung kalau ingin mencari ban jenis ini karena produknya tersedia di mana-mana, tentu dengan merk dan kualitas yang berbeda-beda.


Rangkanya memiliki rangkaian lapisan kain yang membuat panas hanya berpusat pada bagian tengah ban tersebut. Saat dikendarai ban akan tertekan ke depan dan juga belakang serta perlu dipahami bahwa lapisan kain tersebut biasanya juga ditambah dengan balutan karet yang amat sangat kuat. 


  1. Jenis Ban Off-road Tire

Berikutnya untuk jenis ban mobil yang kerap digunakan tak lain adalah jenis off-road tire. Tentu saja dari namanya Anda pasti sudah bisa menebak bahwa ban ini dipakai untuk kendaraan dengan medan non aspal yang jaraknya cukup jauh.


Klasifikasi jenis ban satu ini juga terbagi lagi menjadi dua yakni pertama all-terain tire yang berguna untuk jalanan off-road atau jalanan biasa. Kemudian yang kedua mountain terrain tire yang kerap dipakai untuk jalan berpasir atau penuh lumpur.


  1. Performance Tire

Jenis ban kendaraan ini lebih cocok dipakai untuk mobil sport yang memiliki performa kecepatan tinggi. Sehingga untuk kualitasnya tentu jauh berbeda dengan ban mobil yang biasa.


Kelebihan dari jenis performance tire terlihat dari daya cengkeramnya yang sangat tinggi, apalagi saat digunakan pada jalan tikungan respon-nya cukup tajam sehingga memudahkan pengemudi.


Itulah beberapa jenis ban mobil yang sering dipakai pada kendaraan. Barangkali Anda juga pernah menemukannya di dunia nyata tapi tidak mengetahui betul jenisnya.

Diperbarui
Tambahkan Komentar