Penyebab Radiator Mobil Bocor yang Tak Banyak Dipahami

   
Penyebab Radiator Mobil Bocor yang Tak Banyak Dipahami

Penyebab Radiator Mobil Bocor yang Tak Banyak Dipahami

Penyebab radiator mobil bocor memang harus diperhatikan karena dapat berbahaya untuk kendaraan maupun diri sendiri.



Banyak sekali bagian-bagian mobil yang perlu diperhatikan, salah satunya radiator pada mobil. Pasalnya komponen ini rentan mengalami kebocoran dan penyebab radiator mobil bocor ini pun harus segera diketahui supaya bisa cepat diperbaiki.


Jika radiator yang bocor tidak segera ditangani maka itu akan membuat mesin jadi kepanasan bahkan bisa jadi kebakaran. Rusaknya radiator bisa memberikan dampak signifikan terhadap performa mesin untuk ke depannya, sehingga Anda harus berhati-hati. 

Apa Penyebab Radiator Mobil Bocor? 

Perlu dipahami bahwa penyebab radiator mobil bocor sebenarnya ada banyak. Supaya lebih mudah untuk mendeteksi dan memperbaiki, sebaiknya Anda paham apa saja yang menyebabkan kebocoran tersebut. Mari simak! 

  1. Sumbatan di Saluran Radiator

Mempunyai kendaraan roda empat memang harus selalu diperhatikan kondisinya. Karena jika dibiarkan begitu saja maka akan menimbulkan kerusakan di kemudian hari. Termasuk rutin mengecek saluran radiator agar terhindar dari adanya sumbatan. 


Sumbatan bisa menyebabkan radiator mengalami kebocoran, apalagi jika Anda sering menggunakan air biasa atau jarang memperhatikan kondisi air dari komponen satu ini. Sumbatan bisa terjadi karena ada banyak kotoran dan debu yang menumpuk, sehingga aliran air radiator yang masuk pada bagian mesin jadi tidak lancar.


Oleh karenanya, panas dari mesin mobil tidak bisa tersalurkan dengan baik dan mengakibatkan terpicunya ledakan. Maka dari itu sangat penting memeriksa komponen mobil satu ini terutama setelah perjalanan jauh. 

  1. Komponen Plastik dan Karet yang Rapuh

Bocornya radiator pada mobil juga bisa disebabkan oleh beberapa komponen yang terbuat dari karet maupun plastik mengalami kerapuhan dan tidak bisa bertahan lama. Sebab, posisinya memang cukup dekat dengan sumber panas pada mesin sehingga cukup rentan. 


Contoh komponen yang dimaksud seperti selang atau tabung reservoir pada radiator tersebut. Tabung ini terbuat dari bahan plastik yang dapat retak apabila terkena panas dalam jangka waktu yang cukup lama secara terus-menerus. 

  1. Adanya Benda Asing

Selain dua poin di atas, salah satu penyebab radiator mobil bocor juga bisa karena adanya benda asing yang mengenai bagian tersebut. Pasalnya posisi untuk komponen satu ini memang cukup terekspos yakni di bagian depan mesin di mana ada kisi-kisi yang sedikit terbuka. 


Kisi-kisi ini memang dibuat khusus supaya udara segar bisa sedikit masuk dan tidak menyebabkan panas berlebihan. Sayangnya itu juga merupakan suatu kekurangan karena membuat radiator jadi rentan terkena benda asing yang membuatnya jadi gampang bocor. 

  1. Usia Radiator Sudah Sangat Lama

Banyak yang bisa jadi faktor penyebab radiator bocor pada kendaraan Anda, termasuk di antaranya adalah karena usia. Setiap bagian dari mobil mempunyai jangka waktu pemakaian yang apabila jangka waktunya habis maka harus segera diganti termasuk radiator ini. 


Radiator memiliki usia pakai yang cukup lama khususnya jika dirawat dengan baik maka bisa tahan sampai bertahun-tahun lamanya. Anda harus rutin melakukan pengecekan, karena apabila radiator sudah retak atau terkikis maka harus segera diganti baru supaya tidak mengalami risiko kebocoran ini. Itulah kenapa penting sekali untuk melakukan pengecekan berkala terhadap setiap komponen mobil Anda. 


Biaya untuk melakukan service mobil tentu saja sangat mahal apabila kerusakannya sudah demikian parah. Maka selagi bisa menghindari kerusakan dan merawatnya dengan baik, maka Anda perlu melakukannya.


Setelah tahu penyebab radiator mobil bocor, kini Anda harus berhati-hati dan memastikan untuk menjaganya dengan benar. Dengan mesin dan komponen mobil yang terjaga maka performa kendaraan pun dapat bekerja secara maksimal. 



Diperbarui
Tambahkan Komentar